Syarat Raimuna XI Diubah Peserta Tidak Harus Pramuka Garuda

AvatarPosted by
Logo Raimuna Nasional
Logo Raimuna Nasional

UNIT JURNALISTIK – Syarat Raimuna Nasional XI Di ubah Peserta Tidak Harus Pramuka Garuda.
Raimuna adalah event terbesar pertemuan Pramuka Penegak/Pandega,  Raimuna biasa dilaksakan 5 tahun sekali. Raimuna diselenggarakan dalam
bentuk perkemahan besar yang kegiatannya bersifat kreatif, rekreatif, produktif, dan edukatif.
Raimuna telah dilaksanakan sebanyak sepuluh kali Raimuna yang pertama dilaksanakan di Cimanggis, Bogor, Jawa Barat pada 21 – 26 Agustus 1969 waktu itu nama Raimuna belum dipakai tetapi waktu itu yang dipakai adalah PERPANITERA (Pertemuan Pramuka Penegak Pandega Puteri Putera). Nama “Raimuna” baru diperkenalkan ketika pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan pada tahun ketiga yaitu ketika dilaksanakan di Karangkates, Malang, pada tanggal 14 – 24 September 1976 dan Raimuna terakhir yaitu Raimuna X dilaksanakan di Jayapura, Papua pada tahun 2012, dan pada Raimuna ke – XI tahun 2017 ini di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta.
Pada awalnya sesuai Petunjuk Pelaksanaan Raimuna NasionalSyarat Pramuka Penegak/Pandega yang akan mengikuti Raimuna Nasional ke XI harus pramuka Garuda, Kwartir Nasional beralasan, persyaratan tersebut menjadi “pelecut” peningkatan kualitas peserta didik pramuka dengan menggalakkan pencapaian Pramuka Garuda.
Persayaratan ini bukan berarti tidak menimbulkan beragam tanggapan di kalangan pramuka. Tidak sedikit yang mengkritisi dan menolaknya. Karena harus diakui, meski Pramuka Garuda telah dicanangkan semenjak 1980-an, sosialisasi dan pencapaiannya masih sangat minim. Jumlah Pramuka Garuda tidak sebanyak yang diharapkan.
Apalagi dalam Petunjuk Penyelenggaraan Raimuna Nasional yang masih berlaku hingga saat ini (SK Kwarnas Nomor 13/KN/1978), hanya menyebutkan bahwa peserta Raimuna Nasional adalah Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega putera maupun puteri. Tidak ada persyaratan khusus seorang Penegak dan Pandega harus mencapai Pramuka Garuda untuk dapat mengikuti Raimuna Nasional. Di samping itu, waktu penyelenggaraan Raimuna Nasional 2017 yang tinggal beberapa bulan lagi (14-21 Agustus 2017) dirasa tidak mencukupi bagi gudep dan Kwartir Cabang untuk membantu para Pramuka Penegak dan Pandega guna mencapai Pramuka Garuda. Pencapaian Pramuka Garuda sendiri baru dapat dilakukan setelah seorang Penegak mencapai SKU Laksana dan Pandega dengan waktu tempuh yang bisa
mencapai 6 bulanan.
Desakan dan tentangan yang cukup keras tersebut akhirnya diakomodir oleh Kwartir Nasional.
Rapat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerakan Pramuka 2017 yang diadakan di pada bulan lalu di Cibubur, Jakarta Timur, tanggal 22 – 24 Februari 2017, memutuskan perubahan Syarat Peserta Raimuna Tahun 2017. Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor : 0096-00-C perihal Perubahan Persyaratan Peserta Raimuna Nasional XI Tahun 2017. Surat tertanggal 23 Februari 2017 tersebut mengoreksi Syarat Peserta yang berbunyi :

  1. Bagi Pramuka Penegak, telah menyelesaikan SKU Pramuka Penegak Laksana dan Pramuka Garuda.
  2. Bagi pramuka pandega telah menyelesaikan SKU Penegak dan Pramuka Garuda.
Baca Juga  Makna Logo Raimuna Nasional XI Tahun 2017

Akhrnya di koreksi menjadi:

  1. Setidaknya terdapat seorang Pramuka Garuda pada setiap Umpi;
  2. Peserta lainnya adalah Pramuka penegak yang memiliki Syarat Kecakapan Umum Pramuka Penegak Laksana dan Pramuka Pandega
  3. Pada setiap Umpi ada perwakilan Dewan Kerja Cabang (DKC)

Berikut ini surat dari Kwartir Nasional dengan Nomor : 0096-00-C tentang perubahan Syarat peserta Raimuna Nasional 2017.

Surat Edaran Kwartir Nasional Nomor : 0096-00-C

Dengan adanya koreksi dan perubahan persyaratan Peserta Raimuna Nasional 2017 , kini terbuka lebar peluang bagi Pramuka Penegak dan pandega yang
belum mencapai Pramuka Garuda untuk dapat mengikuti pertemuan pramuka Penagak dan pandega paling akbar
se-Indonesia tersebut. So, Pramuka Penegak dan Pandega se-Indonesia, persiapkan dirimu untuk mengikuti Raimuna Nasional 2017!

Sumber : pramukaria.blogspot.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *